Pemberian Asi Eksklusif

Diet Alami Pakai ASI

Celoteh Mahmud Bagian 3 (selesai)

Dukungan keluarga dan orang terdekat untuk memberikan asi eksklusif sangat penting karena selain sang ibu harus yakin dapat memproduksi asi berlimpah, kondisi ibu harus bahagia dan rileks ketika menyusui. Padahal saya suka mikir juga gimana mau rileks dan santai menyusui lha setiap malam begadang bayi bangun minta mimik susu terus ya kadang capeeek banget juga tapi harus tetep dibawa happy supaya asi lancar.

Suami  juga cukup support agar saya bisa melalui tahap asi ekslusif selama 6 bulan. Mama saya juga terus nyemangati saya supaya saya tetap memberikan asi karena makanan terbaik bagi bayi adalah asi. Untuk memperlancar asi setiap pagi saya minum jamu jamu pelancar asi, minum susu ibu menyusui dan memperbanyak makan buah sayur dan kacang kacangan.

Perjuangan memberikan asi ekslusif yang saat ini sudah berjalan 4 bulan lebih dua minggu masih berlanjut dan tidak gampang, dibutuhkan perjuangan dan usaha ekstra. Saya harus pandai menjaga kesehatan selama 6 bulan asi eksklusif karena kalau saya sakit repot urusanya kan saya masih kasih asi ekalusif untuk rian. Rasa lelah dan bosan dengan rutinitas menyusui kadang menyergap saya tapi semua terbayar ketika rian tumbuh jadi anak yang aktif dan sehat.

Saya merasakan manfaat asi ekslusif terlihat dari kekebalan tubuh rian, anak laki laki saya ini sebelum 40 hari sudah saya bawa jalan jalan keluar rumah, ketika usianya dua bulan saya bawa keluar kota saya bawa rian dari jogja ke pekalongan ketempat simbahnya dan alhamdulilah rian sehat sehat saja. Sampai memasuki bulan keempat rian belum pernah mengalami batuk,pilek atau demam tinggi. Demam ketika dia habis imunisasi itupun tidak masuk dalam kategori demam tinggi karena setelah  imunisasi biasanya saya langsung berikan rian asi lebih banyak dari biasanya sebagai obat penurun demam nya.

Selain membuat daya tahan tubuh bayi optimal, asi juga menciptakan kedekatan emosional antara saya dan rian. Sambil menyusui rian kadang saya belai lembut kepala mungilnya, pipinya yang halus. Bahkan beberapa kali ketika sedang minum susu, rian kerap kali memandang kearah saya lamaa sekali, kami layaknya sepasang kekasih yang saling pandang pandangan penuh cinta hahaha

Asi ekslusif juga pas buat ibu ibu yang ingin mengembalikan berat tubuh ke berat timbangan sebelum hamil. saya sudah membuktikan meski porsi makan saya banyak tapi berat badan turun terus setelah melahirkan. asi ekslusif bisa jadi ajang diet alami yang menyehatkan.

Dua.bulan lagi program asi eklusif untuk rian akan selesai dan rian akan mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping asi. Semoga saya berhasil menyelesaikan program asi ekslusif ini agar anak sehat hati mama riaang gembiraa.

8 Comments

  • Riana HS July 9, 2017 Reply

    ini masih bersambung lagi gak, Naa..? heheheehh… bener buanget nyusuin bisa jadi diet alami. aku juga gumun, maka. gilak2an gitu kok berat badan turun aja, yaaaay.. bisa dicobak juga jus kurma + susu, Na. pas puasa kemarin aku minum itu tiap sahur, Alhamdulillah ASI tetap lancaaaaar jaya.

  • @windyanggraina July 9, 2017 Reply

    Hahaha udah tamat gak bersambung lg yg bagian ini. Iyaa aq jg makaan bny plus ngemil jg tp abis nyusuin langsung laper lg. Okee nti aq coba jus kurma sama susu nya

  • Novia July 9, 2017 Reply

    Assalamualaikum bunda imucan (imut dan cantik), suka dg artikelnya. Bermanfaat. Salam kenal

    • @windyanggraina July 9, 2017 Reply

      Walaikumsalam bunda noviaa salam kenal jg alhmdulilah klo share nya brmanfaat, makasih bun dah maen ke blog sayaa

  • Dewi Rieka July 9, 2017 Reply

    Wah iya asi diet alami plus acara begadang juga kali ya hihi

  • Rosdiantina Soekarno July 15, 2017 Reply

    Emaknya harus mau makan banyak makan ga usah tàkut gemuk, makan makanan yg bergizi ( protein, mineral ), biar kwalitas ASI nya bagus.

Leave a Reply